Monday 16 June 2014

Posted by Historida On 08:48



BAB IV merupakan hasil penelitian seperti menguraikan gambaran umum data atau variable dan analisa yang akan ditulis. Untuk BAB IV ini minimal 45% dari jumlah halaman. Isi dari Bab IV kurang lebih sebagai berikut

      A.    Gambaran Umum Unit Obeservasi
Pada bagian ini memuat tentang kegiatan penelitian. Jika penelitian bersifat teknik maka gambaran umum dipaparkan secara detail dan menyeluruh. Hal ini didasari dengan prinsip bahwa studi lapangan di dalam penelitian kualitatif umumnya bersifat holistic.

      B.     Analisis dan Pembahasan
Membahas tentang keterkaitan antar faktor-faktor dari data yang diperoleh dari masalah yang diajukan kemudian menyelesaikan masalah tersebut dengan metode yang diajukan dan menganalisa proses dan hasil penyelesaian masalah.
Bab ini menganalisis dan membahas fakta-fakta yang ada dalam entitas yang menjadi unit observasi. Analisis harus dilakukan dengan menggunakan teori yang telah dikemukakan di bab II beserta interpretasinya. Untuk menghasilkan kesimpulan yang beralasan kuat, maka dalam menganalisis dan membahas perlu digunakan tolok ukur (untuk penelitian kuantitatif), dan acuan/referensi dalam konteks yang relevan (untuk penelitian kualitatif). Dalam bentuk kuantitas (kuantitatif), standar, norma, atau aturan. Mengenai metode penggunaan tolok ukur maupun acuan tersebut dapat dilakukan secara:

a.       kuantitatif (empiris dan statistikal) : harus membandingkan apa saja yang akan dibandingkan, dengan apa dibandingkan, dan harus jelas analisisnya, tidak hanya menolak atau menerima hipotesis, tetapi juga mengemukakan manfaat hasil analisis.
b.      Pendekatan kualitatif yaitu dengan membandingan antara fakta (realitas) dengan nilai, norma, aturan, norma, rambu-rambu atau antara 2 periode atau lebih, penggambaran secara holistik dan sebagainya.

Alat yang digunakan untuk analisis tergantung pada topik penelitian yang dipilih. Hasil analisis dan pembahasan tersebut diarahkan sesuai dengan tujuan penelitian dan diharapkan akan dapat memberikan gagasan mengenai cara-cara pemecahan masalah (problem) yang diteliti, serta (bila perlu) mengemukakan berbagai kendala yang dihadapai dalam upaya pemecahan masalah (problem) tersebut.



0 comments:

Post a Comment