Tuesday 26 February 2013

Posted by Historida On 22:30


                             First step towards global telecommunication, itu adalah satu kalimat yang sangat membebani gue saat semester 5. Ini bener bener main stream abis, pecah abis, dan bener bener gak jelas banget. Awal mula mencetus kalimat itu gara gara kelas gue lagi ngadain acara Halal Bi halal di Prince House Semarang. Prince House terletak di sebelah, emm sebelah, emm sebelah, mending kalian hubungin gue aja kalau mau kesana. Gue tipe orang yang susah menghafal alamat. Rumah gue aja sampe gak ada alamatnya biar gampang sih ngingetnya.
                Waktu di Prince House, gue inget banget ada yang nyletuk masalah KKL. “gimana kalau kita KKL ke Singapore ?” kata si Imana. Iya kayaknya dia yang pertama kali nyletuk. Gue sih ya secara pemain cupu, Cuma bisa ngikut aja sih. Namun seiring berdatangannya makanan di Prince House celetukan itu pun hilang oleh suara klang kling sendok yang kelaparan. Suara gemuruh ejekan pun mulai bersahut sahutan. Udah gue Cuma bisa diem aja haha. Oke oke gue bohong, gue emang agak cerewet sih orangnya. Kalau sama cewek yaa beda beda dikit lah, tapi gue ralat semuanya. Gue bukan cerewet tapi sok kritis. Makan dan Acara Halal bi Halal pun berakhir dengan hikmat dan dompet yang semakin tipis.
                Kurang lebih sebulan berlalu, nggak ada omongan lanjutan tentang KKL Singapore. Tapi kalau gak salah hari selasa sehabis makul Audio Visual, kita satu kelas mengadakan rapat yang aneh. Kenapa aneh ? karena gue yang jadi ketua panitia. It’s so freak men. Kenapa gue mau yaa. Oke lupakan. Setelah pembentukan panitia yang super kece ini selesai. Saatnya pembagian tugas pada masing masing divisi. Kurang lebih dua jam rapat pertama berlangsung. Yang menghasilkan prosentase keberhasilan sekitar 0,1 %.
                Hari hari pun berlanjut dengan kepenatan di kepala gue. Secara ini acara pertama gue yang bener bener nguras tenaga. Dari sekian banyaknya panitia hanya itu itu saja yang menghandle acara kkl ini. Yaa gue sih maklum aja dengan situasi kondisi saat itu. Yaa tapi jeleknya gue itu gak bisa mengayomi temen temen gue dengan baik. Saat itu gue mudah sekali ngambek, mudah marah. Oke satu yang gue inget ada yang selalu ingetin gue untuk be wise. Sumpah satu kata itu selalu teringat di kepala gue. Tapi entah kenapa dengan adanya acara KKL ini gue kayaknya kehilangan seorang temen yang bener bener care sama gue. Yaa gak tau sebab pokok permasalahannya, yang ada sekarang kayaknya semakin jauh aja. Hmm sebenernya masalah ini yang bener bener aku sesalin di semester 5. Maafin gue yah.
                Oke lanjut ke acara kkl kelas gue. Acara kkl kelas gue ini adalah KKL go to Internasional pertama di Kampus kece Polines. Kenapa gue selalu bilang Polines itu kece ? biar gue semangat aja kuliahnya, #kayaknyaTetepGakNgaruh. Kalau acara KKL ini berhasil, berarti kita pencetus sejarah di kampus. Itu awesome banget, pecaaaah abis dah. Ini yang bikin gue berambisi buat suksesin acara KKL ini. Namun ternyata gak segampang itu untuk mewujudkan suatu acara yang bener bener awesome itu. Perlu puasa 3 hari 3 malem dulu. Tips yang satu ini boleh kalian hiraukan.
                Hari Pertama. Kenapa gue tulis hari pertama ? karena hari hari yang sangat berkesan bagi gue. dan hari dimana masalah itu datang secara bergantian, kayak antri sembako aja deh. Padahal tuh masalah udah gak gue undang dalam acara ter-awesome ini haha. Masalah pertama yang gue hadapi, adalah masalah pembuatan passport. Yee ini passport pertama gue. Pembuatan passport ini nggak boleh diwakilin harus urus sendiri sendiri. Yaa terpakasa deh satu kelas Bolos, bentar tadi gue nulis terpaksa yaa. Haha oke ralat yang bener Yaa dengan senang hati deh satu kelas bolos.
Disini ternyata budget pembuatan passport kurang, terpaksa deh si Bendahara kece kelas gue yang mencari solusi hebat haha. Akhirnya kelar deh pembuatan passport yang memerlukan waktu satu minggu itu. Dan hasil foto passport gue, sumpah ancur abiss, parah deh muka gue disitu. Gue sendiri gak percaya kalau yang foto itu gue. Buat kalian disarankan jangan liat foto passport gue, atau nggak kalian bisa terserang penyakit ketawa gak berhenti henti, terus perut mules, terus diare, mutah darah, masuk rumah sakit dan serangan jantung. Pliss jangan minta gue tunjukin foto passport gue J.
                Hari kedua. Permasalahan yang kedua muncul, yaitu naiknya harga tiket promo pesawat. Yaa sekarang bener bener ketahuan kalau acara KKL ini di sponsori oleh Peduli Dompet Mahasiswa. Yaa bener secara kami mahasiswa kelas menegah kebawah dan kebawah banget. Makan aja ngutang ngutang. Waktu pertama kali liat harga tiket Pesawat Jakarta – Singapore itu sekitar 700 ribu, terhitung murah untuk ukuran perjalanan pulang pergi. Tapi saat pembayaran tiba, hmm tiket naik menjadi 900 ribu. Apaaaa ? naik 200 ribu, itu bisa buat makan 2 minggu. Hal pertama yang terlintas dipikiran gue. Untuk mensiasati harga ini gue luncurkan tim survey tiket, yang terdiri dari Team A diketuai Reza, Team B Zulhan, Team C Histo. Team A bertugas mencari tiket di bandara ahmad yani, Team B bertugas mencari tiket di jalan ( kali aja nemu gitu), dan Team C bertugas mencari di agen.
                Laporan dari team A menunjukkan harga yang cukup fantastis, Team B melaporkan bahwa di pinggir jalan pahlawan tidak ditemukan tiket jatuh. Ini bener bener bikin gue harus minum Bodrex 2 butir. Akhirnya dengan Seluruh kekuatan untuk membela keadilan dan kebijakan kita mengeluarkan jurus Tarik uang di ATM, alias gue sama imana yang berkewajiban nutupin dulu kekurangan beli tiket tu. Waktu itu dompet ku mendadak ngambek, “kenapa lo terlalu baik hati ?” kata si dompet buluk ke gue. “ sabar mpet kita mesti sabar” kata gue yang sok bijak. Setelah perang dingin antara dompet dan gue akhirnya kemenangan ada di tangan gue. Oke Fix tiket Pesawat dapat, Setengah seneng.
                Hari ketiga. Hari dimana gue dan yang lain mulai optimis dengan acara KKL ini. Permasalahannya KKL itu kunjungan kerja bukan Kunjungan tempat wisata. Waktu itu gue beri amanat sama temen gue Daniel dan Hendra buat menghadap Direktur. Amanat yang gue beri sama mereka kurang lebih yaa tentang minta tolong buat nge-linkin ke Perusahaan yang ada di Singapore. Tapi Si Daniel sama Hendra malah kena bom atom alias di semprot abis-abisan sama Direktur. Alhasil mereka pulang dengan wajah yang gosong dan lesu. Gimana enggak, Direktur Polines itu terkenal Sangar, kritis dan tegas. Tapi ada salah satu hal yang susah buat ngomong sama beliau. Bukan masalah sibuk nya beliau, itu sih wajar yaa dimana mana para petinggi itu sibuk apa sok sibuk sih sebenernya. Hmm ini jadi sebuah misteri. Oke lanjut ke masalah perusahaan buat KKL. Akhirnya gue dan temen temen gue yang harus turun tangan berperang sama Direktur. Perlu waktu 4 bulan kita berperang, seluruh kantor di Polines hancur. Haha oke jangan di anggap serius yang ini. Betul kurang lebih kita berbirokrasi 4 bulan sama Pak Direktur. Namun kekalahan yang kita dapat. Semua Perusahaan di Singapore tidak memberikan respon yang baik. Itu semua salah Tiket yang kita beli, Ternyata tiket promo yang kita beli berbarengan dengan libur Imlek. Busyet dah daripada kita beli tiket baru mending gak dapet kunjungan di Singapore.
                Jakarta, itu salah satu penolong keberhasilan KKL kami. Kenapa tidak kita jadinya sebelum terbang ke Singapore kunjungan dulu ke perusahaan di Jakarta. Hmm yang penting syarat sah nya KKL terpenuhi yaitu Minimal 1 perusahaan dalam Kunjungan. Semua ini berkat jasa Pak Anif. Yaa Pak anif ini wali dosenku. Beliau orangnya baik hati, rajin sholat, dermawan lagi. 4 jempol dah buat beliau. Dengan suah payah KKL ini kami lanjutkan.
                Namun 7 hari sebeum kita berangkat KKL. Ada dosen pembimbing kita yang tiba tiba tidak jadi ikut. Sumpah waktu itu gue bener bener panic. Gimana engga semua pembayaran sudah saatnya untuk dilunasi. Dari transportasi, hostel, konsumsi dll. Waktu itu gue bener bener pesimis banget sama acara kkl ini. Udahlah gak jadi aja, pikir gue. Semua freak menurut gue. Dana KKL bisa kurang 3 juta. hmm, ini bisa buat bayar kostn 1 tahun. Akhirnya dengan kerja keras dari kelas D4 Telekomunikasi. Terima Kasih atas Kerjasamanya.

0 comments:

Post a Comment